Assalamu'alaikum Wr Wb

Minggu, 21 Maret 2010

Riya' (PAMER) adalah termasuk Dosa Syirik kecil


Mengapa Riya’ (PAMER) sering disebut sebagai Syirik kecil?

Dalam kitab hadits Arbain Nawawy disebutkan bahwa Alloh akan mengampuni semua dosa hambanya sehingga sebesar 7 lapis bumi dan 7 lapis langit ataupun lebih, dengan catatan dia mau bertobat dengan sungguh – sengguh, tapi Alloh tidak akan mengampuni Dosa Syirik meskipun sebesar zarroh pun.

Dan, kita tahu Syirik itu ialah mensekutukan Alloh dengan sesuatu yang lain, sedangkan kita tahu bahwa Alloh itu Esa . Contoh perilaku Syirik sesungguhnya yang kita ketahui misalnya seperti menyembah berhala, memuja pohon, benda keramat, percaya pada dukun atau ramalan, dll. Di sini dapat kita ambil kesimpulan yang intinya bahwa Syirik itu “ menganggap setiap sesuatu yang datang kepada kita entah itu nikmat ataupun musibah adalah datang dari selain Alloh”.

Setelah pengertian Syirik sudah jelas. Lalu mengapa Nabi Muhammad SAW dalm haditsnya bersabda bahwa “Riya’ (PAMER) adalah sekecil – kecilnya Syirik”.

Sobat, ketahuilah jika kita memamerkan sesuatu, secara tidak langsung kita akan meYakini bahwa hal – hal yang kita pamerkan atau kita banggakan berasal dari kita sendiri, seakan lupa kalau itu adalah anugerah dari Alloh Swt. Misalnya kita mendapatkan nilai 100 dalam ulangan, kemudian nilai itu kita pamer – pamerkan pada teman2 kita, seolah kita lupa kalau nilai itu adalah pemberian Alloh Swt yang harus di syukuri, bukannya pamer kesana kemari.

Sobat, RIYA’ itu adalah salah satu penyakit yang membahayakan, penyakit ini datang karena biasanya sikap sombong. Kita harus tahu bahwa sifat ini (PAMER dan SOMBONG) sangatlah berkaitan.
Jika membanggakan KEKAYAAN, KEPINTERAN, KEALIMAN, atau JABATAN yang tinggi kepada orang lain, pasti orang itu akan mengira kalau kita Sombong atau Pamer.

Lalu bagaimana dengan Hukumnya?
Apakah Alloh Swt tidak akan juga mengampuni dosa orang yang Pamer? mungkin hanya inilah jawaban yang bisa diberikan. Karena masalah PAHALA dan DOSA adalah HAK Alloh Swt. Karena itu agar lebih berahati – hati dan juga tidak terbebani resiko Dosa Syirik,

Alangkah mulyanya jika kita mulai mengurangi sifat suka pamer.., bersyukur jika kita bisa menghindari sifat Pamer ini.
Untuk itu kita harus selalu bersyukur atas setiap Karunia Alloh Swt yang kita peroleh.
Qona’ah juga harus kita terapkan, karena terlalu berharap juga salah satu penyebabnya.

Selamat merenung. Dan semoga bermanfat. Amin.

"........ Sungguh Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan" (QS. AN-Nisa 36)
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Riya' (PAMER) adalah termasuk Dosa Syirik kecil"

Posting Komentar