Assalamu'alaikum Wr Wb

Jumat, 09 April 2010

Sulitkah Berkata Jujur???


Mungkin jika kita mendengar kata jujur sudah pasti dosa yang akan terlintas di benak anda, namun mengapa masih banyak orang yang melakukannya yang sesunggunya jelas-jelas bahwa hal tersebut adalah salah!! Masing-masing watak seseorang memang berbeda-beda dalam memahami pentingnya sebuah kejujuran, dimana kerap kali sangat sulit untuk melakukan sesuatu hal yang tidak bertentangan dengan hati nurani kita, apakah hal tersebut dikarenakan karna sudah menjadi kebiasaan, atau kurangnya nilai-nilai agama yang ada pada diri masing-masing orang?

Beberapa contoh kecil sebuah kejujuran seperti seorang anak dimana seharusnya bisa dikatakan lugu dan polos namun sudah mampu membohongi orang tua, misalkan seorang anak yang melakukan kesalahan karena telah mengotori seragam sekolah, yang jelas-jelas orang tua sudah melarang bermain menggunakan seragam sekolah, namun jika kita lihat pada contoh diatas akan nampak bahwa rasa takut yang menyebabkan seseorang melakukan ketidak jujuran, lalu bagaimana dengan para anggota legislatif yang melakukan korupsi dengan jumlah besar atau bagaimana dengan seorang suami yang selingkuh dengan wanita lain? apakah tidak jujur muncul karna rasa bersalah seperti hal nya contoh anak yang mengotori seragam sekolahnya?

Memang akan sangat luas sekali jika kita membicarakan seseorang yang tidak jujur, dimana sesungguhnya dengan berkata jujur memberikan kepuasan tersendiri dalam benak dan hati kita, yang mungkin anda akan beranggapan bahwa dengan melakukan tidak jujur dalam hal materi meskipun kecil nilainya orang lain tidak akan mengetahui apa yang kita perbuat. Jika saya akan bertanya pada anda!! bagaimana perasaan anda disaat melakukan sesuatu dengan jujur dan dibandingkan dengan tidak jujur? apakah ada perbedaan dalam hati kecil pada diri anda dalam melakukan tidak jujur dan jujur? tentunya anda bisa menjawabnya. Jadi.., apakah sulit berkata jujur...?
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Sulitkah Berkata Jujur???"

Posting Komentar